International News

Friday, January 30, 2009

YAMAHA PM5D powered large-scale event

Event inaugurasi Presiden Barack Obama menetapkan patokan sebagai event yang paling banyak dihadiri masyarakat dan merayakan peristiwa bersejarah di Amerika Serikat, dengan Maryland Sound (MSI) bekerja sama dengan perancang dan FOH insinyur Pat Baltzell dari Baltzell Audio Design serta Clair Global, mengkonfigurasi berbagai suara untuk memperkuat sistem audio untuk melayani event tersebut.


MSI memerlukan sekitar 30 semi-truk audio dan dukungan perlengkapan lain untuk jangkauan sekitar event yang luas tersebut, sedangkan Clair Global menambahkan lebih dari 25 menara dari line array sebagai delay. Clair Global juga cukup sibuk mendukung berbagai acara seperti pra-konser inaugurasi pada hari sebelumnya di Lincoln Memorial.

Shoeps microphone berada di tengah-tengah podium, didukung oleh Senneheiser 816 shotgun microphone, yang digunakan untuk semua pidato di Capitol Hill, termasuk pidato dari Presiden Obama. Pencampuran semua sumber suara untuk semua aplikasi dilakukan pada sepasang PM5D Yamaha digital konsol.


Acara ini sangat menentukan dalam sejarah karena sebagai momen ke-44 pengambilan sumpah jabatan yang membuat Barack Obama sebagai orang Afrika-Amerika pertama yang menjabat Presiden Amerika Serikat. Mixer Yamaha berada disana untuk menjalankan tugas sebagai solusi audio untuk berbagai kegiatan yang diadakan di D.C., LA dan NY. Dengan lebih dari 1,5 juta orang memadati National Mall, yang dimulai dengan nyanyian suara merdu dari Aretha Franklin yang membawakan lagu "America the Beautiful" diikuti dengan pertunjukan selo oleh Yo-Yo Ma, biola oleh Itzhak Perlman, pianist oleh Gabriella Montero dan Klarinet oleh Anthony McGill. Pengambilan sumpah dan semua peristiwa yang terjadi di Capitol Hill dicampur pada sepasang Yamaha PM5D digital audio konsol yang disediakan oleh MSI.



Setara dengan perhatian yang diberikan publik pada event ini, kualitas suara juga harus diperhatikan dengan serius. MSI (dipimpin oleh Bob Goldstein yang telah bekerja sama dengan pelantikan presiden selama tiga kali berturut-turut) bekerja sama dengan Baltzell untuk mengkonfigurasi berbagai hal pada loudspeaker dan menetapkan bahwa yang dapat diandalkan untuk acara ini adalah JBL VERTEC VT4889 format besar line array.

Sehubungan dengan luasnya event ini, enam menara diadakan di luar garis utama halaman (yang kira-kira mencapai kedalaman 550 kaki dan lebar mencapai 1000 kaki), untuk memberikan delay tanpa menghalangi dan menggangu pandangan para penonton yang duduk.


Catatan tambahan:
- Firehouse Production memberikan dua Yamaha PM1D digital untuk konsol Ikon Awards, tiga PM1D untuk musik dan satu PM5D produksi untuk pertunjukan oleh Miley Cyrus, Jonas Brothers, dan satu PM1D di FOH.

- Mega konser perdana yang diselenggarakan di Lincoln Memorial yang diramaikan performance oleh U2, Bruce Springsteen dan E Street Band, Mary J. Blige, Stevie Wonder, semua dicampur pada Yamaha PM1D digital audio konsol yang disediakan oleh Clair Global.

- The Democrats Abroad London Inaugural Ball yang diselenggarakan di Hotel Royal Lancaster, menggunakan teknis produksi yang dirancang oleh INSYNC Productions, menggunakan Martin Audio PA rig.

0 comments: