International News

Thursday, January 29, 2009

Inaugurasi Barack Obama dengan sound yang spektakuler

Dalam salah satu event yang paling banyak disaksikan dan dirayakan oleh rakyat Amerika Serikat, Maryland Sound Industries sebagai perusahaan berbasis di Baltimore, menggunakan JBL VERTEC® line array sebagai sistem utama PA untuk inaugurasi Presiden Barack Obama pada 20 Januari 2009. Upacara tersebut berlangsung di Washington D.C, Amerika Serikat dengan keramaian yang lebih dari 1,5 juta orang memanjang sejauh dua mil dari Ibukota ke Lincoln Memorial di Potomac River, dan di sepanjang Pennsylvania Avenue ke White House, dengan total audiens dijalanan sekitar lokasi acara diperkirakan telah melampaui dua juta orang.


Dalam rangka mempersiapkan event yang tepat untuk berpidato kepada jutaan orang dan pejabat tinggi, Maryland Sound Industries (MSI) menggunakan Crown I-Tech amplifier untuk menghidupkan JBL Line array sound system di acara ini. I-Tech DSP juga digunakan untuk pengolahan lanjutan untuk menyempurnakan line array, sedangkan HiQnet Sistem Architech dari Harman digunakan untuk keseluruhan sistem pengelolaan yang bisa mengoperasikan ampli Crown dari jarak jauh.

Maryland Sound bekerjasama dengan FOH engineer Pat Baltzell dari Baltzell Audio Designs untuk mengembangkan sistem yang jelas, tepat dan memberikan cakupan yang luas untuk live-event yang spektakuler ini. Secara total, 15 tower line array yang dibuat custom oleh MSI digunakan untuk line array JBL, mulai dari 4 sampai 14 VT4889 loudspeaker masing-masing, yang disebarkan di seluruh wilayah Mall.

Dua set dari 14 kelompok box speaker juga ditempatkan di panggung utama (satu per sisi) dan enam menara diatur sedemikian rupa di luar halaman Lincoln Memorial sebagai delay. Tambahan lima menara delay untuk mengatur daerah audience dengan lebar mencapai 305 meter dari kiri ke kanan.

JBL VERTEC VT4889 line array sebagai sistem utama, ditemani juga JBL VP7315DP powered loudspeaker, VRX932 portabel line array dan kontrol 25AV speaker yang dipasang ditiang untuk jangkauan tempat duduk bagian VIP, paduan suara dan band daerah.

Baltzell memilih speaker JBL karena ia merasa bahwa mereka memberikan lebih banyak output per kotak dari kompetitor mereka. "Karena JBL menggunakan tiga kompresi driver, bukan dua, Anda otomatis mendapatkan tambahan output yang penting untuk aplikasi luar ruangan seperti ini."

Sebagai pertimbangan wilayah cakupan yang sangat luas, Baltzell dan MSI audio harus mempersiapkan diri untuk menangani dengan serius masalah cuaca dan keamanan, sambil merancang dan membangun sound system yang baik untuk mendukung penguatan suara bagi pidato dan musik. Selain pidato oleh Presiden, berbagai upacara termasuk program musik dari paduan suara San Fransisco Boys and Girls, Aretha Franklin bernyanyi lagu kebangsaan, the US Marine Corps band bermain "Hail to the Chief".


Dia juga merasa fitur dari I-Tech menyediakan fleksibilitas yang diperlukan untuk menangani event dengan baik. Dia berkomentar, "Ini menjadi mungkin untuk menjalankan Sistem Arsitek halus dan benar-benar membuat penyesuaian yang baik dalam ampli; masing-masing 14 kolom kotak speaker dibagi menjadi tiga zona, tetapi untuk mendapatkan resolusi yang lebih baik, Anda memiliki kemampuan untuk langsung mengontrol melalui ampli dan memasukkan filter untuk membuat suara tinggi dengan halus yang kita belum dapat melakukan sebelumnya."

Maryland Sound presiden, Bob Goldstein, berkomentar: "Kami sangat senang dengan peralatan yang disediakan Harman kepada kami. Mulai dari JBL VERTEC line array yang mengagumkan sampai ke Crown amplifier, Studer dan Soundcraft mixer juga produk lainnya. Kami bisa mencapai suara tertinggi dan sangat unggul dari apa yang telah tersedia hanya beberapa tahun berlalu." (audioprointernational)

0 comments: