International News

Monday, January 12, 2009

Sound @ TRANS 7UARA Anniversary

Bertaburan bintang-bintang top tanah air, dipandu oleh MC kawakan, dan dimeriahkan oleh segenap band-band paling populer saat ini, tiga jam perayaan ulang tahun Trans TV dan Trans 7 di Jakarta Convention Center (JCC), 15 Desember 2008, berjalan begitu sempurna. Hamparan layar L.E.D persegi panjang 20 meter lebih melatar-belakangi panggung, sedangkan DiGiCo D5 dan D1 pada FOH bersama Soundcraft MH4 melatar-belakangi suara.


Agnes Monica “meniup” lilin ulang tahun bertemakan Trans 7uara pukul tujuh tepat dengan persembahan hits rancak terbarunya, Godain Aku Lagi. Penampilan perdana tersebut disambung oleh kemunculan vokalis band paling populer yakni Ariel dari Peter Pan, menyedot serta-merta perhatian lebih dari 2.000 penonton. Seruan biduan kedua dalam penampilan awal tersebut tersebar memenuhi ruangan melalui jangkauan suara mantap tumpukan loudspeaker MSL-4 dan DS-4 Meyer Sound yang tergantung tinggi pada dua rangkaian tiang disamping panggung.

Sumber Ria yang telah menggarap pertunjukkan konser Rossa ditempat yang sama digandeng sekali lagi oleh Trans Corp untuk mengakali tata suara konser ulang tahun ini. Mulai dari loading barang, persiapan dasar audio menginjakkan kaki masuk ke dalam JCC semenjak tengah malam empat hari sebelum acara. Pihak stasiun televisi sendiri juga mengerahkan ratusan tenaga pegawainya untuk ikut berkecimpung dalam pengelolaan audio, termasuk memegang kendali atas mixing FOH dan monitor, yakni konsol DiGiCo dan Soundcraft.

Master mixing DiGiCo D5 berjejer disamping D1 112-channel dipastikan mampu melayani penampilan akbar band-band lokal secara bertubi-tubi, dari Nidji dengan Laskar Pelangi, The Changcutters melantunkan Racun, ST12 duet dengan band si Unyil, dan Bunga Citra Lestari muncul perlahan keatas panggung didepan gambaran untaian hati-hati merah layar L.E.D. Soundcraft MH4 juga ikut andil sebagai sistem monitor panggung, mengatur speaker-speaker monitor RCF Art 500-A dan semua in-ear monitor per artis.

Penampilan demi penampilan berlangsung tanpa masalah, dimana volume suara para vokalis terdengar lantang dibanding dengan suara-suara instrumen. Kesalahan kecil yang sempat terjadi hanyalah pengaturan on-off mikrofon Shure SM58 antar beragam MC, yakni Desy Ratnasari, Indy Barends, Komeng, Abdul, Shara Aryo, dan Olga sewaktu On Air dan Indra Bekti dan Okky Lukman sebagai pembawa acara Off Air.

Di luar itu, rangkaian acara terasa mulus, termasuk puncak perayaan ulang tahun yang menampilkan Iwan Falls memakai setelan jas putih dan jeans biru menghaturkan lagu syukur ber-backing vokal sejumlah pegawai Trans Corp bersuara emas. Sorak-sorai serta tepuk tangan penonton yang ditangkap lewat mikrofon AKG C1000s terdengar semakin gaduh seketika Afgan memainkan denting piano grand putih-kilap sambil mendendangkan lagu sedihnya, Sadis.

Di usianya yang ke-7, Trans Corp, perusahaan induk kedua stasiun televisi Trans TV dan Trans 7, telah menuai sederet prestasi atas program-program unggulannya yang mendominasi daftar tayangan nasional paling digemari, seperti acara Extravaganza dan reality-show Termehek-mehek. Cerdiknya, reality-show Termehek-mehek juga diajukan oleh Trans Corp sebagai sumber dari pertanyaan kuis ulang tahun kali ini yang berhadiah handphone, sepeda motor, serta mobil. Tak perlu sangsi, Trans TV dan Trans 7 unggul sebagai stasiun televisi kebanggaan yang sungguh-sungguh mengerti keinginan para penonton, termasuk kualitas suara apa yang mereka ingin dengarkan. (sumber-ria)

2 comments:

Unknown said...

topp pingi belajar deh :)

Unknown said...

topp baaannngggeeeettt!!!!
Pingin belajar dehh :)