International News

Tuesday, December 30, 2008

Pengertian Latency

Anda pernah mendengar istilah "latency" dalam dunia komputer recording? Apa itu Latency?

Latency merupakan cara lain untuk menyatakan penundaan (delay). Jadi dalam suara dan audio-card, latency berarti keterlambatan audio Anda. Ketika menggunakan perangkat lunak synths dan VSTi, latency adalah waktu yang diperlukan pada saat Anda menekan tuts pada keyboard Anda sampai ketika Anda mendengar suara dari speaker anda.



Latency diperlukan karena komputer hanya mampu melakukan 1 hal saja ditambah lagi audio yang cukup berat apalagi beberapa track audio. Jika komputer Anda sedang sibuk dan tidak memproses audio dalam waktu yang bersamaan, Anda akan mendapatkan pops-klik dalam rekaman yang dihasilkan. Untuk memecahkan masalah ini, digunakanlah sound-card yang menggunakan buffer.

Latency berasal dari komputer yang membacanya misalnya "1024 sampel" dan menyimpan ini di ram (memory), saat satu sample diputar, sample lain akan ditambahkan ke buffer. Bila komputer sedang memproses data, sampel yang disimpan dalam buffer / ram dan akan digunakan untuk tetap bermain tanpa gangguan. Hal ini membuat antrian dan menghasilkan keterlambatan suara yang Anda dengar. Saat Anda meningkatkan latency komputer, Anda berikan CPU prioritas yang lebih tinggi untuk memproses audio dan dapat menyebabkan rendahnya penggunaan cpu.


Bagaimana cara menghilangkan latency?

Singkatnya, Anda tidak dapat menghilangkan latency sekaligus, namun Anda dapat menguranginya serendah mungkin agar anda tidak dapat merasakan atau mendengar efek atau suara yang terlambat. Beberapa sound-card memiliki fitur nol-latency, lihat manual produknya untuk keterangan lebih lanjut pada sound-card Anda.

Solusi yang lain jika Anda memiliki masalah latency adalah dengan menggunakan audio-card dengan dukungan latency yang rendah dan menurunkan ukuran buffer-nya. Buffer berukuran 512 sampel atau lebih kecil biasanya akan memberikan hasil yang masih dapat diterima.


Bagaimana saya bisa menurunkan latency?

Ada tiga cara, yaitu:
  1. Menggunakan hardware monitoring.
  2. Rendahkan ukuran buffer sound-card Anda dan pastikan Anda menggunakan ASIO driver. Anda perlu sound-card dengan ASIO driver dan mendukung latency yang rendah.
  3. Gunakan sample rate yang lebih tinggi.

Semoga artikel tersebut bermanfaat.

1 comments:

teknoid said...

Semoga pengertian latency di sini bisa memberikan gambaran --> Deskripsi Tabulasi Quality Dalam Menu Monitor/Skyplot Pada Aplikasi SurvCE